Minggu, 11 Februari 2018

Nefritis

Nefritis 
Ginjal rusak meruppakan indikasi bahwa fungsi ginjal mengalami penurunun,kodisi yang dapat menyebabkan fungsi ginjal meurun yaitu nefritis.Nefritis merupakan salah satu penyakit pada ginjal. Pengertian dari nefritis ini adalah penyakit yang biasaya ditandai dengan adanya peradangan pada ginjal. Selain itu ginjal merupakan salah satu organ yang berperan penting yang bekerja didalam sistem tubuh manusia.

Peradangan ini atau nefritis juga dapatterjadi pada jantung. Ginjal dan jantung memiliki kesamaan yaitu meupakan salah satu organ penting yang bekerja keras, dimana jantung berfungsi untuk memompakan darah dan menyalurkannya ke seluruh tubuh manusia sedangkan ginjal sendiri berfungsi untuk menyaring darah di dalam tubuh manusia. Dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki keterkaitan yang sangat erat.

Saat ginjal mampu berfungsi secara normal maka secara otomatis organ lainnya yang terdapat pada tubuh juga akan dapat bekerja secara maksimal. Dan sebaliknya apabila ginjal tidak mampu bekerja dengan maksimal maka akan menyebabkan organ lainnya terganggu. Maka penyakit nefritis pada ginjal ini akan menyebabkan masalah besar bagi tubuh kita.

Nefritis pada ginjal sendiri dibedakan berbagai jenis. Jenis tersebut dibedakan berdasarkan bagian atauletak ginjal yang mengalami nefritis (peradangan ). Bagian yang dapat terserang nefritis yaitu glomerulus, tubul serta yang terakhir adalah jaringan renal.

1. Glomerulonefritis
Glomerulonefritis merupakan peradangan yang terjadi pada bagian pembuluh kapiler kecil didalam ginjal yang biasanya disebut dengan glomerulus. Glomerulus sendiri berfungsi untuk menyaring darah dari kotoran atau zat racun maupun zat sisa makanan yang kita konsumsi. Apabila glomerulus ini terjadi peradangan maka akan mengakibatkan fungsi dari glomerulus itu sendiri.

2. Nefritis Interstitial
Nefritis Interstitial ini merupakan peradangan ginjal yang terjadi pada bagian diantara nefron yang biasanya disebut dengan instertitium renal , pada peradangan ini tidak mengenai glomerulus. Selain itu kondisi nefritis interstisial juga biasa disebut dengan nefrtis tubulointerstitial.

3. Pyelonephritis
Pyelonephritis ini merupakan pradangan ginjal yang terjadi pada bagian kandung kemih yang biasanya menjalar ke ureter hingga ginjal. Ureter ini merupakan tabung yang digunakan untuk mengeluarkan kotoran melalui darah dan dihantarkan oleh kandung kemih.

Penyebab Nefritis

penyebab penyakit ginjal bermacam-macam.Penyakit nefritis ini deisebabkan oleh beberapa faktor. Penyebab tersebut juga merupakan indikasi seseorang terkena nefritis jenis apa. Berikut mengenai beberapa penyebab nefritis :

1. Sistem Kekebalan Tubuh /Sistem Imunitas
2. Riwayat Kanker
3. Bakteri
4. Batu Ginjal
5. Alergi Tehadap Obat-obatan 

Image result for nefritis


Gejala Nefritis

  • Demam, ini merupakan kondisi respon tubuh terhadap suatu penyakit. 
  • Tekanan darah tinggi atau hipertensi, akan mengakibatkan kondisi seseorang tidak baik, karena adanya kondisi penyerta akan mengakaibatkan proses penyembuhan terhambat. 
  • Warna Urine Abnormal, seperti warna keruh dan biasanya mengandung darah ataupun nanah. 
  • Nyeri , biasanya dirasakan pada bagian punggung ,perut ataupun pinggang. 
  • Sering buang air kecil 
  • Tubuh membengkak , biasanya terjadi pada ara kaki dan wajah dan tubu lainnya. 
  • Sering muntah, ini disebabkan karena penumpukan cairan yang terjadi di lambung. 

Cara Mengatasi Nefritis


  • Saat seseorang mengalami kondisi nefritis ini maka dianjurkan untuk melakukan beberapa pengobatan dibawah ini : 
  • Cuci Darah , bisa dilakukan apabila fungsi ginjal untuk menyaring darah tidak dapat dilakukan lagi. 
  • Cangkok Ginjal, ini dilakukan dengan mengganti atau mencangkok ginjal yang rusak dengan yang baru. 
  • Pengguanaan obat-obatan, ini dilakukan untuk seseorang yang tidakmemiliki alergi, jadi sesuai dengan anjuran dokter. 
Nefritis merupakan salah satu penyakit gijal yang mengakibatkan beberapa masalah yang kompleks. Apabila kita merasakan tanda dan gejala diatas segeralah melakukan pemeriksaan lebih lanjut.
Image result for nefritis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar