Minggu, 11 Februari 2018

Kulit

struktur dan fungsi sistim ekskresi pada manusia 

Kulit
Proses berkeringat ternyata berfungsi untuk mengeluarkan zat sisa metabolisme. Bagian tubuh manakah yang memiliki peran dalam pembentukan keringat dan bagaimana tubuh membuat keringat?
1713-004-96065579
Seluruh permukaan  tubuh kita  terbungkus oleh  lapisan  tipis yang  sering kita sebut kulit. Kulit merupakan benteng pertahanan tubuh kita yang utama karena berada di  lapisan anggota  tubuh  yang paling  luar dan berhubungan  langsung dengan lingkungan sekitar.
Kulit memiliki fungsi sebagai berikut :
  • Mengeluarkan keringat;
  • Pelindung tubuh;
  • Menyimpan kelebihan lemak;
  • Mengatur suhu tubuh;
  • Tempat pembuatan vitamin D dari pro vitamin D dengan bantuan sinar matahari yang mengandung ultraviolet.
Susunan Kulit
Kulit tersusun atas tiga lapisan, yaitu epidermis (lapisan luar/kulit ari), dermis (lapisan dalam/kulit  jangat), dan  hipodermis  (jaringan  ikat  bawah  kulit).
Epidermis
Lapisan epidermis terdiri atas stratum korneum, stratum lusidum, stratum granulosum, dan stratum germinativumStratum korneum tersusun dari sel-sel mati dan selalu mengelupas. Stratum lusidum tersusun atas sel-sel yang tidak berinti dan berfungsi  mengganti stratum korneumStratum granulosum tersusun atas sel-sel  yang berinti dan mengandung pigmen melanin. Stratum germinativum tersusun atas sel-sel yang selalu membentuk sel-sel baru ke arah luar.
  • Stratum korneum, merupakan lapisan zat tanduk, mati dan selalu mengelupas
  • Stratum lusidium, merupakan lapisan zat tanduk
  • Stratum granulosum, mengandung pigmen
  • Stratum germonativum, selalu membentuk sel-sel baru ke arah luar
Dermis
Dermis terletak di bawah epidermis. Lapisan ini mengandung akar rambut, pembuluh darah, kelenjar, dan saraf. Kelenjar yang  terdapat dalam lapisan ini adalah kelenjar keringat  (glandula sudorifera) dan kelenjar minyak (glandula  sebasea). Kelenjar keringat menghasilkan keringat yang di dalamnya terlarut berbagai macam garam, terutama garam dapur. Keringat dialirkan melalui saluran kelenjar keringat dan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui pori-pori. Di dalam kantong rambut terdapat akar rambut dan batang rambut. Kelenjar minyak berfungsi menghasilkan minyak untuk meminyaki rambut agar tidak kering. Rambut dapat tumbuh terus karena mendapat sari-sari makanan dari pembuluh kapiler di bawah kantong rambut. Di dekat akar rambut terdapat otot penegak  rambut, akar rambut, pembuluh darah, syaraf, kelenjar minyak (glandula sebasea), kelenjar keringat (glandula sudorifera). Lapisan lemak, terdapat di bawah dermis yang berfungsi melindungi tubuh dari pengaruh suhu luar
Hipodermis
Hipodermis terletak di bawah dermis. Lapisan ini banyak mengandung lemak. Lemak berfungsi sebagai cadangan makanan, pelindung tubuh terhadap benturan, dan menahan panas tubuh.
Mekanisme Pembentukan Keringat :
Bila suhu tubuh kita meningkat atau suhu udara di lingkungan kita tinggi, pembuluh-pembuluh darah di kulit akan melebar. Hal ini mengakibatkan banyak darah yang mengalir ke daerah tersebut. Pangkal kelenjar keringat berhubungan dengan pembuluh darah maka terjadilah penyerapan air, garam dan sedikit urea oleh kelenjar keringat. Kemudian air bersama larutannya keluar melalui pori-pori yang merupakan ujung dari kelenjar keringat. Keringat yang keluar membawa panas tubuh, sehingga sangat penting untuk menjaga agar suhu tubuh tetap normal. Ketika suhu di keliling kita panas maka kulit akan menagtur suhu tubuh dengan banyak mengeluarkan keringat dan urin yang dihasilkan lebih sedikit. Sebaliknya ketika suhu dingin maka tubuh hanya sedikit memproduksi keringat dan pengeluaran air lebih banyak melalui ginjal (urin).
Untuk lebih jelasnya, silakan cermati video berikut:
sumber : https://rarazara.wordpress.com/kelas-viii-2/semester-2/struktur-dan-fungsi-sistem-ekskresi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar