Kamis, 12 Oktober 2017

ZAT ADITIF PENGEMULSI MAKANAN

 ZAT ADITIF PENGEMULSI MAKANAN

Pengemulsi adalah bahan tambahan yang dapat mempertahnkan penyebaran (dispersi) lemak dalam air dan sebaliknya

Emulsi juga disebut sebagai koloid dimana satu zat akan menjadi cairan pendispersi sementara yang lain adalah salah satu yang tersebar. Karena dua cairan tidak dapat sama-sama digabungkan, ada kecenderungan besar untuk koloid untuk benar-benar membentuk lapisan terpisah dan dapat dibedakan setelah jangka waktu tertentu.

Emulsi dasar terbentuk ketika air dan minyak dicampur bersama-sama. Mengaduk campuran ini dengan penuh semangat dapat membagi minyak menjadi partikel kecil karena bercampur dengan air. Setelah beberapa waktu, partikel minyak dapat mulai menggabungkan kembali dan membentuk lapisan di atas molekul air.

Perilaku koloid atau emulsi dalam hal pemisahan atau membentuk beberapa lapisan hanya karena fakta bahwa dua cairan tidak bisa sama-sama dicampur antara satu sama lain. Inilah sebabnya mengapa beberapa orang menyebut proses emulsi sebagai “parsial” atau sementara.

Campuran dua zat agak singkat dan tidak bertahan untuk waktu yang lama. Pada titik tertentu, kedua zat akan menemukan cara untuk memisahkan dari satu sama lain dan membentuk lapisan yang terpisah. Untuk membuat emulsi menjadi permanen, beberapa orang menambahkan zat ketiga yang disebut agen pengemulsi.

Dalam contoh klasik dari pencampuran minyak dan air, sabun misalnya akan membantu menstabilkan campuran dan membuat cairan emulsi yang sempurna dan permanen. Dalam kasus susu, yang merupakan contoh lain dari emulsi antara lemak susu dan air, kasein biasanya ditambahkan untuk membuat campuran ini permanen.

Proses dan konsep emulsi berguna dalam pembuatan berbagai produk rumah tangga dan bahkan dalam pengolahan makanan juga. Bumbu seperti saus adalah contoh dari cairan emulsi antara minyak dan cuka sebagai bahan.

Dengan penambahan minyak, cuka dibuat untuk mencicipi pembuatan yang berbeda itu jenis lain dari saus atau bumbu. Dalam hal barang-barang rumah tangga, berbagai krim kosmetik dan lotion yang dibuat melalui proses emulsi untuk meningkatkan konsistensi dan teks



SUMBER : http://hari-hari-mengejar-mimpi.blogspot.co.id/2017/10/pengemulsi-zat-aditif.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar